Mengapa Bahasa Inggris harus kita kuasai di era globalisasi?

Juli 4, 2009 at 9:36 am Tinggalkan komentar

Mampu berbahasa Inggris dengan baik dan lancar bukan lagi menjadi suatu nilai tambah , tetapi telah menjadi tuntutan maupun kebutuhan bagi setiap orang di era globalisasi sekarang ini. Hal ini dikarenakan hampir setiap aktifitas kita selalu menjumpai tulisan, pembicaraan, berita bahkan berbagai macam dokumen dan petunjuk teknis untuk penggunaan dan perbaikan suatu alat yang berbahasa Inggris. Siapapun telah membutuhkan Bahasa Inggris, dari seorang sopir hingga seorang yang menduduki jabatan direktur suatu perusahaan, dari seorang lurah hingga seorang presiden, dari anak-anak hingga kakek-nenek.Mereka harus membaca dan memahami label keterangan makanan yang mereka makan, label keterangan alat elektronik yang mereka pakai, teks iklan yang mereka baca. Mereka juga juga harus mendengarkan dan memahami percakapan film-film yang mereka tonton, program-program dokumenter, yang sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris.

Melihat begitu banyak fungsi dari Bahasa Inggris dalam aktifitas kehidupan kita, namun pada sisi lain kemampuan bangsa kita untuk berbahasa Inggris masih sangat memprihatinkan, demikian juga dengan kemampuan yang dicapai sebagian besar siswa setelah mereka lulus SMA ataupun SLTA lainnya belum begitu memuaskan. Kemampuan memahami dan mengekspresikan Bahasa Inggris mereka sangat rendah. Tentu saja hal ini akan menghambat studi mereka di perguruan tinggi bagi yang melanjutkan studinya, dan bagi yang tidak melanjutkan studinya, hal ini akan mengganggu kelancaran kerja mereka dan hal ini juga akan mengganggu aktifitas mereka sehari-hari. Sebagai contoh sederhana yang praktis, misalnya ada sebuah alat yang harus dibuka dengan menekan tombol ( tertulis pada alat tersebut kata ‘press’), tetapi karena tidak memahami maksud dari kata tersebut, maka kemudian alat tersebut dibuka dengan cara diputar tombolnya, maka apa yang terjadi? Tentu saja alat tersebut rusak, sehingga bukannya menggunakan tetapi malahan memperbaiki, bukan?

Demikian juga banyak para siswa yang tidak menyadari pentingnya fungsi dan kelebihan Bahasa Inggris, sehingga motivasi untuk mempelajarinya pun sangat rendah. Mereka hanya menunggu materi dari guru di sekolah dan tidak mau mencari serta melatih diri di luar pelajaran sekolah, apalagi bila mereka beranggapan bahwa Bahasa Inggris adalah pelajaran yang sulit, maka semakin menurunlah semangat dan motivasi untuk mempelajarinya. Bagi siswa yang mengganggap bahwa Bahasa Inggris itu sulit memang sangat beralasan, karena Bahasa Inggris masih sebagai bahasa asing(foreign language) di negara kita, Indonesia, maka tentu saja berbagai aspek dari Bahasa Inggris merupakan hal yang baru bagi mereka baik dari segi penulisan, pengucapan, susunan kata dan lain sebagainya. Namun demikian alasan-alasan tersebut tidak seharusnya menjadi halangan untuk mempelajarinya, bahkan hal-hal tersebut bisa kita jadikan tantangan, yang membangkitkan semangat keingintahuan kita.

Entry filed under: Uncategorized.

9 KEBURUKAN MENCONTEK DI WAKTU UJIAN Oleh Subadi, S.Pd., Praktisi Pendidikan, Mengajar di SMAN 1 Kota Jambi Guru sebagai Pengajar dan Pendidik ?

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


CALENDER

Juli 2009
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Komentar Terbaru

Mr WordPress pada Hello world!